Sabtu, 29 Januari 2011

EMAS IMPOR




HONG KONG – Seiring dengan meningkatknya minat investor China dalam mencari perlindungan dari tekanan inflasi membuat impor emas China melonjak lebih dari empat kali lipat.

Sepanjang Januari – Oktober 2010 China telah mengimpor emas  209,7 metrik ton dibandingkan sepanjang tahun 2009 yang hanya mencapai 45 metrik ton, menurut Kepala Bursa Emas Shanghai, Shen Xiangrong.

Jika kecenderungan ini bertahan, impor emas China hingga akhir tahun ini diperkirakan dapat meningkat hingga enam kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, menurut hitungan rata – rata bulanan.

Data tersebut menggambarkan betapa besarnya permintaan masyarakat China akan logam mulia, hal ini tercermin dari tingginya alternatif investasi yang dirancang untuk memenuhi minat terhadap emas. Bahkan pemerintah Cina belum mengadopsi praktek transaksi pelepasan emas.

Shen mengatakan volume perdagangan emas di bursa Shanghai mencapai 5.014,5 metrik ton, meningkat 43 persen dari periode yang sama dalam 10 bulan tahun kemarin.

“Ketidakpastian dalam negeri dan ekonomi global, serta antisipasi tingginya inflasi membuat emas sebagai alat lindung yang populer seperti layaknya mata uang,” tutur Shen dalam sebuah konfrensi di Shanghai yang dilansir Reuters.

Invetor China cenderung menumpuk emas, menurut banyak analis karena mereka khawatir inflasi akan meningkat hingga 5 persen sampai akhir tahun, lebih tinggi dari tahun sebelumnya menurut perkiraan dari Bank of America-Merrill Lynch baru – baru ini.

Regulator bursa China minggu ini menyetujui bahwa pengelola dana pemerintah untuk melakukan transaksi emas hanya sesuai dengan dana yang dimiliki untuk meredam permintaan emas. Dan suku bunga deposito semakin tidak menarik jika disesuaikan dengan tingginya inflasi.

Impor Emas Cina Melonjak Hampir Lima Kali Terkait Inflasi
Impor emas Cina melonjak hampir lima kali dalam 10 bulan pertama dari seluruh pengiriman tahun lalu terkait kecemasan mengenai meningkatnya inflasi, memperkuat daya tarik emas.

Impor menguat ke 209 metrik ton dibanding dengan 45 ton untuk semua pengiriman di 2009. Cina merupakan produsen terbesar dan pengguna terbesar kedua di dunia.

Emas batangan menguat 27 persen tahun ini dan menuju penguatan tahunan kesepuluh terkait dolar yang jatuh dan investor mencari hedge terkait kecemasan inflasi.

Ekspektasi Inflasi

Harga konsumen Cina naik 4.4 persen di Oktober, fase tercepat dalam dua tahun, dan di atas target pemerintah 3 persen. Bank Sentral Cina (PBOC) menaikan suku bunga di Oktober untuk pertama kalinya sejak 2007 dan memerintahkan kepada bank-bank untuk meningkatkan cadangan uang mereka.

Pengiriman emas batangan naik 0.4 persen ke $1,393.40 per ons pada 3:10 p.m. di Shanghai setelah kemarin menyentuh $1,397.50, harga tertinggi sejak 12 November. Dan mencapai rekor $1,424.60 per ons pada 9 November.(RS)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar