Jumat, 28 Januari 2011

Emas Kuning

APA ITU EMAS KUNING ??


Bila kita bicara tentang ketiga hal diatas maka biasanya berhubungan dengan perhiasan yang dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Namun perhiasan selain dapat digunakan atau dipakai juga dapat digunakan untuk investasi. Emas kuning telah saya bahas sebelumnya dalam artikel emas sebagai alternatif investasi.
Perbedaan emas kuning dan emas putih kecuali dari warnanya juga jika dilihat dari segi investasi maka nilainyapun berbeda. Perbedaan ini terletak dari jenis logam campuran yang digunakan untuk membuat emas kuning dan emas putih. Bahan dasar keduanya sama yakni emas namun untuk emas kuning logam pencampurnya adalah perak sedangkan emas putih logam pencampurnya adalah nikel. Logam pencampur ini yang menyebabkan harga dari emas kuning dan emas putih menjadi berbeda. Disamping harganya yang berbeda dimana emas kuning lebih mahal dari emas putih juga bila ingin dijadikan instrumen investasi maka emas kuning menjadi pilihannya. Hal ini disebabkan emas putih tidak akan dapat dijual kembali terutama kepada toko emas karena logam pencampurnya tadi.
Sedangkan platinum adalah jenis logam yang sangat langka sehingga menjadikan harganya sangat mahal. Hal ini menjadikan Platinum juga menjadi instrumen investasi yang baik.
Namun dari segi liquiditas maka emas kuning tetap menjadi instrumen investasi yang lebih baik dari platinum karena lebih mudah dijual dan lebih dikenal luas oleh masyarakat.

CARA MERAWAT EMAS :

Perhiasan Emas yang dibuat dengan teknik dan cara yang kurang benar dalam proses pencampuran kadar akan membuat emas perhiasan menjadi mudah kusam, berubah warna dan terkadang sampai hitam, mudah tergores dan juga mudah penyok-penyok. Kejadian tergores dan penyok merupakan kelalaian pemakai perhiasan emas, dan kalau ini yang terjadi, maka solusinya berhati-hatilah dalam memakai emas perhiasan Anda.
Penyebab lainnya yang membuat perhiasan emas mudah penyok atau gores bisa jadi karena kadar yang tinggi sehingga emas agak lembut. Sedang kusam atau hitam sebaliknya kadar emas mungkin rendah sehingga mudah oxidasi atau bereaksi dengan zat lain. Biasanya yang paling keras menyebabkan adalah garam dan belerang, ini berarti air laut dan mungkin mandi di air panas alami yang mengandung belerang. Atau yang lebih sering terjadi adalah malah bahan campurannya yang naik kepermukaan. Ini semacam hukum alam yang ringan mau naik ke atas. Ini terjadi juga sama benda padat namun agak lama. Biasanya kalau cincin emas pernah dipotong untuk dikecilkan ukurannya ia akan tampak garis potongannya. Ini patri yang muncul kepermukaan.
Masalah yang sering terjadi pada perhiasan emas adalah sebagai berikut:
  • Cepat menjadi kusam atau hitam. Disebabkan oleh campuran yang kurang sempurna waktu pembuatan ini biasanya perhiasan yang dikerjakan tangan atau ‘hand made’ susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi.
  • Kusam atau hitam padahal nggak dipakai. Biasanya disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna bisa membuat cepat kusam dan hitam ini karena perak menjadi oksidasi oleh bahan-bahan finishing kayu.
  • Kusam juga bisa disebabkan karena mandi di laut, air yang mengandung garam atau belerang. Emas sering oksidasi dengan garam dan belerang.
  • Kusam dan hitam juga bisa karena penyimpanan di dalam tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Pekerjaan kulit asli biasanya menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniac. Atau mungkin juga perak anda menggunakan kalung kulit. Tidak semua kulit menyebabkan hitam kalau pekerjaan kulitnya itu dikerjakan dengan benar. Jadi kulit patut dicurigai sebagai penyebab barang emas jadi hitam.
  • Emas berubah warna menjadi terlalu merah. Ini karena bahan campuran tembaga yang sudah muncul keluar permukaan. Ini hukum alam bahwa yang ringan selalu di atas. Sebabnya karena campuran kadar bisa tidak benar. Tetapi kalau dari awal sudah kemerahan ini adalah warna yang disebut rose gold.
  • Merah yang muncul tidak merata. Ini masalah yang disebut mendung atau fire skill. Ini terjadi karena waktu proses pengerjaan ada patrian di daerah merah yang muncul. Ini campuran patri yang salah satunya adalah tembaga yang muncul ke permukaan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar